Resep Tempe Orek Basah Sederhana

Resep tempe orek basah yang sederhana dan mudah dibuat akan kami bagi di Blog Resep yang Praktis kali ini. Tempe orek atau orek tempe merupakan makanan Khas Indonesia, yang terbuat  dari bahan tempe yang dipotong kecil-kecil kemudian digoreng dan dicampur dengan bumbu racikan yang sedap. Orang-orang ada yang menyebut tempe orek dengan nama tempe kering atau kering tempe.

Apapun istilahnya yang penting kali ini kami ingin berbagi Resep tempe orek basah sederhana. Kenapa resep sederhana? Karena memang cara membuat masakan ini relatif mudah bahkan untuk pemula yang ingin memasak sendiri. Jadi bisa dibilang ini adalah resep yang mudah untuk dibuat.

Resep tempe orek basah ini sangatlah gampang dan simpel serta bahan-bahannya mudah didapat. Kalau tidak percaya coba lihat bahan-bahan yang diperlukan nanti.
Resep tempe orek basah ini juga cocok untuk anak kost yang ingin memasak sendiri daripada membeli di warung. Bagi anda seorang mahasiswa boleh dicoba resep orek tempe ini di kos-kosan anda.

Baiklah langsung saja kita buat resep masakan orek tempe (tempe kering) tapi basah ini.

resep-tempe-orek-basah-sederhana

Resep tempe orek basah sederhana


Bahan yang diperlukan
  • 300 gr tempe, dipotong dadu, goreng 1/2 matang ya ..
  • 3 sendok makan Kecap (manis/pedas sesuai selera)
  • 3 siung bawang putih, diiris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 potong lengkuas
  • 1 bungkus penyedap
  • 1/4 sendok teh, garam
  • 1/2 sendok teh, gula
  • 1 gelas (200 ml), air
  • 3 sendok makan minyak

Nah ini Cara memasak orek tempe nya
  1. Panaskan dahulu minyak,
  2. Tumis bawang putih hingga matang,
  3. Kemudian masukkan salam dan lengkuas, masaklah sampai matang.
  4. Lalu masukkan tempe, air, penyedap masakan, garam, gula dan tentunya kecap.
  5. Masak hingga bumbu meresap dan agak mengering.
  6. Angkat dan sajikan selahi hangat
  7. Hmmmm enak ...


Orek Tempe, siapa yang tak suka? Hah ada yang tidak suka. Pasti sukalah, buktinya anda sampai mencari resep orek tempe ini dan sampai di blog Resep yang Praktis ini. Atau anda kesasar ke blog ini, hihiiii... Kita tahu bahwa Orek Tempe adalah salah satu makanan lezat bergizi yang juga pas buat vegetarian. Resep Orek Tempe ini dapat dibuat dengan mudah dengan hadirnya Kecap Gurih.

Sedikit informasi tentang tempe. Menurut Wikipedia, tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".

tempe-asli-indonesia

Apa manfaat tempe bagi kesehatan?
Banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Karena tempe banyak mengandung zat-zat yang baik dan sangat berguna bagi tubuh, sebut saja salah satunya adalah protein.

Selain itu, tahukah anda bahwa tempe  memiliki potensi untuk dipakai melawan radikal bebas, sehingga bisa menghambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif (aterosklerosis, diabetes melitus, jantung koroner,  kanker, dan lain-lain). Tempe juga mengandung zat antibakteri penyebab diare, pencegah penyakit jantung, penurun kolesterol darah, hipertensi, dan lain-lain.

Nah banyak sekali kan manfaat tempe. Jadi alangkah baiknya kita membiasakan mengonsumsi tempe sesering mungkin. Salah satunya dengan makan olahan tempe yang enak dan sedap tentunya, tempe orek basah sederhana.

Semoga resep masakan yang kami informasikan di blog resep yang praktis ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah membaca Resep tempe orek basah sederhana.

0 Komentar untuk "Resep Tempe Orek Basah Sederhana"

Back To Top