10 Cara membuat daging jadi empuk dengan cepat dan mudah

Kali ini di Resep Masakan Praktis Blog, kami tidak memberikan resep masakan melainkan tips.  Tips yang mungkin sebagian dari kita belum mengetahui. Yaitu Cara membuat daging jadi empuk dengan cepat dan mudah.

Jika kita suka membuat masakan berbahan dasar daging, alangkah baiknya mengetahui tips agar daging menjadi empuk. Daging yang empuk pada sebuah masakan akan membuat masakan itu terasa nikmat dan lezat. Tidakkan anda berpikir mengapa di rumah makan seperti ada yang beda rasa masakannya dibanding di rumah padahal sama-sama misalnya saja resep ayam goreng kecap.

Jika anda pernah berpikir seperti itu, mungkin ada teknik masak atau rahasia yang dipakai ketika memasak. Salah satu cara yang orang awam atau pemula belum tahu dalam mengolah daging dalam masakan adalah membuat masakan menjadi enak dengan cara membuat daging menjadi lebih empuk.  

cara+membuat+daging+empuk+cepat+mudah

Bagaimana caranya agar daging bisa menjadi empuk dalam waktu yang singkat dengan mudah. Berikut ini merupakan tips agar daging empuk dengan cepat menggunakan alat ataupun bahan alami yang relatif banyak tersedia di sekitar kita yang kami dapat dari beberapa sumber.

1. Daun Pepaya
Kenapa daun pepaya bisa mengempukkan daging? Daun papaya mengandung enzim papain yang bisa mengempukkan daging. 
Cara mengempukkan daging dengan daun pepaya:
Cukup meremas-remas daun pepaya muda sampai keluar getahnya lalu gunakan sebagai pembungkus daging.

tips-mengempukkan-daging-dengan-pepaya

Cara mengempukkan daging dengan daun pepaya yaitu cuci bersih daging setelah dibeli dari pasar atau supermarket di bawah air yang mengalir. Bumbui daging dan bungkus dengan daun pepaya muda yang sudah diremas-remas, kemudian diamkan setidaknya 60 menit sebelum diolah menjadi masakan. Kalau daging sudah dibumbui, maka proses ini sekaligus membantu peresapan bumbu.

2. Nanas
Bagaimana cara membuat daging empuk dengan nanas? Dahulu kulit nanas yang dimanfaatkan untuk mengempukkan daging. Tetapi jika Anda ragu akan kehigienisannya maka Anda dapat menggunakan parutan nanas muda. Kenapa nanas bisa mengempukkan daging? Ini karena nanas mengandung enzim bromelin yang cara khasiatnya sama dengan enzim papain. Enzim bromelin ini bisa menguraikan serat-serat daging sehingga menjadikan daging lebih empuk saat diolah. 

cara+mengempukkan+daging+dengan+nanas

Cara mengempukkan daging dengan nanas yaitu dengan mencuci bersih daging setelah dibeli dari pasar atau supermarket di bawah air yang mengalir. Haluskan nanas menggunakan blender atau lainnya. Lumuri sambil remas-remas daging dengan nanas yang sudah diblender tadi. Diamkan minimal 30 menit sebelum diolah menjadi masakan. Relatif praktis kan?

3. Buah Kiwi
Mengapa buah kiwi dapat menjadikan daging jadi lebih empuk? Kiwi bisa membuat daging empuk karena mengandung actinidin. 
Caranya yaitu haluskan buah kiwi sampai menjadi pasta, kemudian balurkan ke daging.  Diamkan daging selama kurang lebih 30 menit, lalu cuci bersih.
daging-empuk-pakai-kiwi


4. Air lemon
Air lemon yang asam bisa mengempukkan daging dan memberi rasa kecut segar pada daging.
Carany oleskan sedikit air lemon pada permukaan daging, kemudian simpan dalam lemari es beberapa jam sebelum dimasak.

5. Sari apel
Anda tahu bahwa daging yang diempukkan dengan sari apel akan terasa asam manis, empuk, dan juicy. Silahkan coba.
Bagaimana caranya? Anda tinggal lumuri daging dengan jus apel segar beberapa jam sebelum dimasak. Bisa juga menggunakan cuka apel.

6. Jus tomat
Jus tomat ternyata juga bisa dicoba untuk dijadikan pengempuk daging. Caranya bumbui daging dengan jus tomat kalengan atau tomat lumat, setelah itu, panggang atau masak daging. Selain jadi empuk, dagingpun akan terasa lebih lezat dan nikmat.

7. Kopi
Ternyata, kopi juga bisa dipakai untuk membuat daging empuk! Seperti iklan di TV ituloh..
Cara mengempukkan daging dengan kopi yaitu rendam daging dalam kopi pekat sejam sebelum dipanggang. Cara membuat daging menjadi empuk dengan kopi ini cocok untuk daging yang akan dijadikan steak, karena rasanya akan menjadi smoky. Butiran kopi pun akan menambahkan tekstur crunchy pada daging.

Selain menggunakan bahan alami atau tradisional, ada juga yang menggunakan bahan dan alat modern untuk mengempukkan daging yaitu:

8. Pakai bumbu instant
Saat ini telah ada bumbu instant yang gunanya untuk mengempukkan daging. Bumbu ini biasanya mengandung enzim papain atau bromelin, namun dikemas dalam bentuk powder agar lebih praktis.
Cara menggunakannya cukup mudah, setelah daging dicuci bersih, daging cukup ditaburi dan diremas-remas dengan bumbu. Cukup didiamkan selama beberapa saat, maka daging akan jauh lebih empuk. Supaya lebih jelas, baca aturan penggunaannya.

9. Menyimpan daging di dalam freezer. 
Barangkali kita berpikir jika membuat daging jadi beku akan menyulitkan saat mengolah. Tapi ternyata, daging yang telah disimpan di freezer lebih empuk dan mudah diolah daripada daging segar yang baru saja dipotong. 
Caranya:
Cuci bersih daging sesudah dibeli dari pasar atau supermarket di bawah air yang mengalir. Lalu bumbui daging, simpan di dalam wadah tertutup rapat dan simpan di dalam freezer hingga waktu yang dibutuhkan.

10. Dipukul
Satu lagi cara agar daging menjadi empuk dengan cepat yaitu dengan cara dipukul-pukul. Namun mungkin ini akan membuat tekstur daging akan berubah.
dipukul-agar-daging-empuk

Sumber: 
http:// radiometrofemalefm.com/index.php/ en/artikel/life-style/ 74-cara-tradisional-mengempukkan-daging
http:// www.vemale. com/kuliner/tips-dapur/ 14846-4-cara-mengempukkan-daging.html
http:// food.detik. com/read/2012/06/11/102710/1937769/297/5/ 7-cara-alami-mengempukkan-daging#bigpic

Video tips mengempukkan daging

Daging yang bisa kita empukkan bisa kita gunakan antara lain daging sapi, daging kambing, ayam, cumi dan sebagainya. Itulah 10 cara membuat daging jadi empuk dengan cepat dan mudah yang kami bagi di Resep masakan Praktis Blog. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "10 Cara membuat daging jadi empuk dengan cepat dan mudah"
Back To Top