Tips Mengolah Jeroan Sapi Babat dan Usus

Tips sebelum mengolah jeroan sapi. Anda suka masakan berbahan jerohan sapi? Atau ingin memasak makanan yang berbahan jeroan sapi? Sebaiknya anda perlu mengetahui beberapa tips dalam membersihkan jerohan sapi sebelum mengolahnya menjadi masakan.

Apa saja contoh masakan yang berbahan jerohan sapi? Masakan dengan bahan jerohan misalnya soto babat, sup lidah sapi, gulai otak, paru goreng, dan sate hati.

contoh-jeroan-sapi

Apa itu jerohan sapi? Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Jeroan adalah bagian-bagian dalam tubuh (hewan) yang sudah dijagal. Biasanya yang disebut jeroan adalah semua bagian kecuali otot dan tulang. Jeroan ada yang dianggap sampah ada pula yang malah sebaliknya yaitu bagian yang mahal. Beberapa jerohan tidak aman untuk dikonsumsi karena banyak mengandung bakteri.

Bagaimana cara yang baik dalam membersihkan jerohan sapi? Memang dalam membersihkan jerohan, perlu perlakuan khusus. Berikut ini beberapa tips sebelum mengolah suatu jeroan yang saya ketahui dari sumber ini.

mengolah-jeroan-babat

Cara mengurangi aroma babat 
Babat biasanya memiliki aroma yang tidak enak. Untuk itu, yang harus anda lakukan adalah rendam babat dalam air kapur sirih kira-kira 30 menit, kemudia keruk kotorannya. Saat memasak, rebus babat dengan mencampurkan cuka masak atau asam jawa ke dalam air rebusan.

Cara membersihkan babat
Untuk menghilangkan kotoran kehitaman pada babat, caranya yaitu dibersihkan dengan menyiramkan air panas mendidih,  sedikit demi sedikit sambil keruk kotoran babat dengan pisau tajam.

Cara memasak babat
Saat memasak babat, tambahkan bumbu aromatik misalnya daun salam, daun jeruk, serai serta aneka rempah kering contohnya cengkeh, pala, kapulaga dalam jumlah banyak. Hal ini bertujuan mengurangi aroma kurang sedap dari babat.

cara-mencuci-usus

Cara membersihkan usus sapi
Bersihkan usus sapi atau iso dengan air mengalir. Pasang ujung usus ke mulut kran air, lalu nyalakan aliran air. Tekan usus dengan ibu jari dan telunjuk sambil dorong mengikuti aliran air. Lakukan hingga air yang keluar dari usus menjadi jernih.

Nah itulah beberapa tips dalam mengolah jeroan sapi babat dan usus. Semoga bermanfaat. Mohon maaf bila terdapat kesalahan informasi. Terima kasih telah berkunjung ke Blog Resep yang Praktis. Salam.

Tag : blog, cara, jeroan, tips
0 Komentar untuk "Tips Mengolah Jeroan Sapi Babat dan Usus"
Back To Top